Hasil Mu’tamar Jam’iyyah Ahlith
Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah Ke 2
Di Pekalongan Jawa
Tengah Tanggal, 8 Jumadil Awal 1379 H / 9 Nopember 1959 MPERTANYAAN 16
Batalkah nikahnya
seorang Islam yang meninggalkan sholat, kemudian murtad, dan bagaimana hukum
anaknya?
Jawaban:
Nikahnya batal,
kalau murtadnya sebelum bersetubuh, atau setelah bersetubuh dan tudak kembali
kepada islam lagi sebelum habis ‘idah dan batalnya nikah terhitung sejak dia murtad. Kalau
dia kembali kepada islam sebelum habis ‘idah, maka nikahnya tidak batal.
Kemudian anak yang terjadi baik sebelum murtad atau sesudah murtad, hukumnya
tetep anak islam kalau salah satu dari kedua orang tuanya itu muslim, kal kedua
orang tuanya itu murtad, maka anaknya juga murtad, menurut pendapat yang
mu’tamad, dan kalau salah satu dari kedua orang tuanya itu murtad dan yang lain
kafir asli, maka anaknya menjadi kafir asli menurut pendapat yang mu’tamad.
المأخذ:
a)
تنوير القلوب صحيفة 416
b)
البجيريمى على فتح الوهاب جزء 3
صحيفة 376
c)
الانوار جزء 2 صحيفة 324
ونصه:
a) ويبطل
بها صومه وتيممه ونكاحه قيل الدخول او بعده فان اسلم فى العدة عاد النكاح. اهـ
b) (وردة) من الزوجين او احدهما (قبل
دخول) وما فى معناه من استدخال منى (تنجز فرقة) بينهما لعدم تاكدّ النكاح بالدخول
او فى معناه (وبعده) توفقهما (فان جمعهما اسلام فى العدة دام نكاح) بينهما لتأكده
بما ذكر (والا فالفرقة) بينهما حاصلة (من) حين (الردة) منهما او من احدهما (وحرم
وطء) فى مدة التوقف لتزلزل ملك النكاح بالردة (ولاحد) فيه لشبهة بقاء النكاج بل
فيه تعزير ويجب العدة منه كما لو طلق زوجته رجعيا ثم وطئها فى العدة. اهـ
c) وولد
المرتد المنفصل والمنعقد قيل الردة وبعدها مسلم ان كان احد ابويه مسلما وان كانا
مرتدين وقت العلوق كذلك وقيل مرتد وهو
المعتد، ولو كان احد الابوين مرتدا والاخر كافرا اصليا فالولد مسلم وقيل كافر اصلى وهو المعتمد. اهـ
Sumber dari Al-Anwarul Muhammadiyyah li Ahli Laa Ilaha ila Allah